Pages

Cari

Jumat, 09 Oktober 2015

Prompt #91 - Tidak Untuk Ke Dua Kalinya


“Pegang tangan Ayah.”

Ke dua laki – laki beda usia itu berjalan bergandengan tangan menyusuri jalan tanah yang basah setelah hujan hampir seharian.
Aku berjalan dibelakang mereka, pandanganku tak pernah lepas dari polah tingkah mereka berdua.

“Hati – hati, jalannya licin!” teriakku pada mereka.


Hari ini kami membawa Adek ke kampung halaman suamiku. Adek sangat suka menikmati kehidupan di kampung halaman suamiku. Biasanya pagi – pagi Adek pasti mengajak suamiku berjalan – jalan di pematang sawah. Mencoba memancing ikan di sungai yang airnya mulai habis. Tidur – tiduran di gubug tengah sawah. Atau ikut berteriak – teriak menghalau burung emprit yang mematuk padi yang mulai menguning siap untuk di panen. Kedatangan Adek kali ini sudah lain. Adek selalu minta digandeng dan di gendong sama suamiku. Sudah tidak ada lagi aktivitas Adek seperti yang dulu.

Sebulan yang lalu setelah bangun pagi, tiba – tiba mata Adek berwarna merah dan Adek menangis terus karena Adek melihat kami berwarna hitam. Semua yang dilihat Adek hanya satu warna, hitam.

Kamipun membawanya ke Puskesmas dekat rumah kami. Katanya sih gejala sakit mata biasa, dikasih obat tetes mata dan vitamin A. Tapi sampai tiga hari lebih mata Adek semakin parah, semuanya kian hitam. Hingga kemudian Adek dirujuk ke dokter spesialis mata di kota M.

“Di keluarga Bapak atau Ibu ada yang pernah sakit seperti Adek ini?” tanya dokter spesialis mata itu.

“Ada Dok, almarhumah istri saya yang pertama. Ibu Adek,” jawab suamiku.

“Saya sarankan segera bawa Adek ke rumah sakit mata, ini perlu penanganan sangat serius dan segera. Menurut diagnosa saya, Adek terkena kanker retinoblastoma.”

Sore yang basah, di atas pusara Mbak Endang, Mas Joko khusuk berdoa dan mendekap erat Adek. Mas Joko tidak mau kehilangan untuk kedua kalinya.
 ***
Catatan :
Retinoblastoma adalah kanker mata ganas yang menyerang anak – anak, biasanya disebabkan karena keturunan.
Terinspirasi cerita teman "M", yang anaknya temannya divonis kanker retinoblastoma. Semoga Allah memberikan yang terbaik bagi mereka. Aamiin.