Pages

Cari

Senin, 26 September 2016

Eksplor Ternate VI : Weda

 
Hae Jum, met malam. Lagi sibuk apa neehhh..? Met aktivitas apa aja Jum. Oh iya Jum, hari ini aku tadi nguli ke seberang lautan. Ke kepulauan Halmahera, tepatnya di kota Weda, Halmahera Tengah. Pernah dengar Halmahera kan?...
 
 
Jani begindi Jum, Halmahera ini merupakan pulau terbesar di Maluku Utara. Terdiri dari Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Halmahera Barat, Halmahera Timur, Halmahera Tengah.

Tadi berangkat dari Pelabuhan Kota Baru Ternate sekitar jam delapan pagi, mendung lumayan pekat menutupi matahari. Sebenarnya agak gimana juga, tapi melihat orang - orang di pelabuhan pada biasa aja, ya udah Bismillah aja.
 
 
Pernah naik speed gak Jum? Nanti aku ajak naik speed deh. Asik loh. Alhamdulillah, meskipun mendung, ombak di laut Maluku pagi ini tidak terlalu membuncah, kadang - kadang saja kerasa nggronjal , speed terasa mumbul - mumbul.
 
Setelah kira - kira empat puluhan menit digoyang, sampailah aku di Pelabuhan Sofifi. Sofifi ini merupakan ibu kota Provinsi Maluku Utara. Jangan bayangkan Semarang loh Jum. Bayangkan saja, wilayah dengan luas tiga kali kota kelahiranmu hanya ada satu pom bensin. Eh tapi jalannya lebar, bagus. Mungkin karena frekuensi yang melewati gak seperti di kotamu ya Jum.
 
Jalanan menuju Weda berkelak - kelok. Dikiri kanan jalan ada macam - macam pohon. Kadang kita melewati sekumpulan pohon kelapa, kadang pisang, ada juga kelapa sawit yang habis di tebang. Empat jam pulang pergi, mataku asik menikmati, meski kadang ngantuk berat. Yang perlu diwaspadai longsoran tanah atau batu atau pohon dari atas.
 
 
Seandainya pemerintah mau ngajak Rossi atau Hamilton nge round kesini, pasti mereka berdua akan mengusulkan jalur ini menjadi sirkuit kelas dunia menggantikan Sirkuit Monaco. Sayangnya pemerintah gak berpikir seperti pikiranku.
 
Eh, sudah ngantuk ya Jum? Ya sudah, aku sudahi aja Jum. Kapan - kapan aku ceritain lagi yak. Nggak bosen kan?
 
Nggg...aaa...cuman mau bilanggg....
 
 
#ditulis di kamar kos...( keren kan lokasi nulisnya )