Pages

Cari

Jumat, 04 November 2016

Eksplor Ternate X : Cengkeh Afo 2

Cengkeh yang dijemur
 
Hari - hari ini Jum, banyak ditemui warga Maluku Utara khususnya Ternate, Tidore, Bacan, yang pada rajin menjemur cengkeh dan pala di halaman rumah mereka atau pinggir jalan. Aroma cengkeh yang khas menguar ke udara memperkaya atmosfir Ternate.
 
 
Coba kamu baca tentang sejarah Jum. Sejak dahulu kala, Ternate telah menjadi penghasil rempah - rempah dunia. Baunya yang harum menyebabkan bangsa - bangsa Eropa pada abad 15 datang ke Ternate dan sekitarnya. Dan akhirnya mereka berhasil menguasai monopoli perdagangan cengkeh dan pala tersebut.


Salah satu peninggalan jaman keemasan rempah - rempah tersebut adalah Cengkeh Afo. Dalam bahasa Ternate, Afo berarti tua. Menurut keterangan ada dua cengkeh Afo. Afo 1 berusia sekitar 400 tahun, tapi sudah mati, tidak ada bekasnya. Yang kedua adalah Afo 2, berusia sekitar 200 tahun. Katanya sih, ini cengkeh tertua di dunia.
 
Lokasi Afo 2 di Desa Air Tege - Tege, Tabahawa, Ternate Tengah. Kira - kira 5,5 km dari pusat kota Ternate naik ke atas. Jalannya sudah aspal mulus. Di ujung jalan ada sebuah pemancar TVRI. Ketika aku memasuki halaman pemancar TVRI ini, serasa aku berada di era jaman ORBA. Logo TVRI masih pakai logo jadul banget. Papan namanya adalah : Departemen Keuangan RI; Direktorat Televisi. Ah sudahlah, itu bukan urusanku Jum.
 
Stasiun Pemancar TVRI Ternate
 
 
Untuk menuju pohon cengkeh Afo 2 harus siap fisik dan mental. Karena jalurnya menanjak, kemudian turun, naik lagi melewati hutan pohon pala, rimbunnya pohon bambu, jembatan bambu, disamping jalan setapak adalah sungai untuk jalannya lahar Gunung Gamalama. Sangat disarankan bawa air mineral, minimal dua orang buat teman diperjalanan soalnya sepi banget.
 
Hutan Pohon Pala
 
Tiga puluh menit kemudian akan bertemu dengan Afo 2. Sebuah pohon cengkeh besar, dengan dahan yang sudah tidak berdaun. Ada tembok dengan tinggi 1/2 meter yang mengitari Afo 2 tersebut. Mungkin kalau Afo 2 bisa ngomong atau menulis, dia akan bercerita banyak tentang jaman keemasannya. Dia juga akan berteriak agar tubuhnya dirawat, semak belukar yang menutupi tubuhnya agar dibersihkan, sehingga sisa - sisa kegagahannya masih bisa terlihat.
 
Jembatan Bambu
 
Kalau pihak terkait mau memikirkannya, Afo 2 ini bisa menjadi obyek wisata yang menarik, menyehatkan, dan murah. Atau mungkin masyarakat Ternate tidak tahu kalau ada pohon cengkeh tertua didunia yang masih bisa dilihat di Ternate?

 
Cengkeh Afo 2